Minggu, 20 Oktober 2013

Kalimat Dasar Bahasa Indonesia

Dalam menggunakan bahasa Indonesia, kita akan selalu terikat dalam peraturan yang sudah ada didalam bahasa indonesia itu sendiri. Termasuk dalam menggunakan kalimat didalam bahasa Indonesia. Apa yang dimaksud dengan kalimat itu? Kalimat dapat diartikan sebagai rangkaian kata yang mengandung arti sesuatu untuk mengungkapkan gagasan, pikiran atau pendapat. Sedangkan kata dapat diartikan sebagai elemen terkecil didalam suatu kalimat.

Kalimat di dalam bahasa Indonesia harus memiliki kalimat dasar yang memenuhi semua peraturan yang ada didalam bahasa Indonesia. Didalam kalimat dasar bahasa Indonesia, sekurang-kurangnya kita harus memiliki subjek (disingkat menjadi S) dan Predikat (disingkat menjadi P) untuk dapat memenuhi aturan dasar penulisan kalimat di dalam bahasa Indonesia.

Subjek yang dimaksud disini adalah dapat berarti manusia atau sesuatu yang lain, yang dapat melakukan sesuatu. Sedangkan predikat dapat berarti apa yang dilakukan subjek tersebut. Suatu predikat dapat berbentuk kata sifat, kata kerja atau yang lainnya.

Selain unsur S dan P yang telah dijelaskan diatas, terdapat pula unsur Objek (O), Keterangan (K) dan bahkan Pelengkap (Pel.). berikut berbagai pola yang terdapat didalam kalimat dasar bahasa Indonesia :

  1. Kalimat dasar berpola S P contoh : Mereka(S) / sedang berenang(P).
  2. Kalimat dasar berpola S P O contoh : Mereka(S) / sedang menyusun(P) / karangan ilmiah(O).
  3. Kalimat dasar berpola S P Pel. contoh : Anaknya(S) / berternak (P) / ayam(Pel.)  
  4. Kalimat dasar berpola S P O Pel. contoh : Dia(S) / mengirimi(P) / saya(O) / surat(Pel.)
  5. Kalimat dasar berpola S P K contoh : Mereka(S) / berasal(P) / dari surabaya(K)
  6. Kalimat dasar berpola S P O K contoh : Dia(S) / sedang membaca(P) / buku(O) / di dapur(K)

Source and Reference :