Rabu, 21 Desember 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat

 Individu


Individu berasal dari kata “Individum” yang artinya tidak terbagi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Individu adalah orang seseorang;pribadi orang (Terpisah dari yang lain). Individu adalah seseorang atau satu manusia yang berdiri sendiri. Setiap individu memiliki ciri-ciri khas yang membedakan individu satu dengan individu yang lain. Berkumpulnya suatu kelompok individu dapat membentuk keluarga atau masyarakat.


 Keluarga

Keluarga merupakan dua atau lebih individu yang hidup bersama maupun tidak hidup bersama dan memiliki hubungan darah atau pengangkatan menjadi anggota suatu keluarga. Didalam suatu keluarga terdapat satu orang kepala keluarga dan beberapa anggota keluarga lainnya. Didalam pengertian keluarga, terdapat istilah keluarga inti (Nuclear Family), yaitu keluarga yang terdiri dari Ayah (Kepala Keluarga), Ibu dan beberapa orang anak. Setiap anggota keluarga memiliki peranan masing-masing. Keluarga memiliki berbagi fungsi, diantaranya adalah fungsi pendidikan, perlindungan dan lainnya.


Masyarakat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, mayarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Masyarakat merupakan suaru kesatuan individu maupun keluarga yang berhubungan tetap dan memiliki tujuan yang sama. Ada dua macam masyarakat yaitu masyarakat paguyuban dan masyarakat petambayan.


Source and Reference :