Rabu, 02 Januari 2013

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor.

Sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang umum digunakan oleh masyarakat. Penggunaanya pun beragam mulai dari kegiatan sehari-hari bahkan digunakan sebagai kendaraan wisata. Sebagai kendaraan yang cukup hemat biaya, sepeda motor mampu digunakan untuk menjangkau jarak yang cukup jauh untuk berbagai keperluan tertentu. Penggunaan pada jarak jauh membutuhkan kesiapan baik pengendara sepeda motor maupun sepeda motor yang digunakan itu sendiri.

Berikut ini akan disampaikan tips yang diharapkan akan cukup efektif agar kita dapat berkendara motor berjarak jauh dengan aman dan nyaman.


 Cek Kondisi Sepeda Motor

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi sepeda motor. Perhatikan settingan yang terdapat di sepeda motor anda baik gas maupun pengereman. Sesuaikan dengan gaya berkendara. Disarankan untuk melakukan servis berkala sebelum hari perjalanan dan mengisi penuh bahan bakar minyak.


 Membawa Peralatan dan Memakai Atribut Berkendara yang Lengkap

Peralatan yang dimaksud disini adalah seperti toolkit yang digunakan dalam kondisi darurat bila terjadi sesuatu ditengah perjalanan. Disarankan untuk membawa busi cadangan. Jas hujan perlu dipersiapkan karena cuaca sewaktu-waktu dapat berubah. Jas hujan yang digunakan sebaiknya berjenis setelan karena lebih aman digunakan dan lebih nyaman.
Atribut yang paling umum digunakan adalah jaket, helm, celana panjang, sepatu dan tas. Agar lebih nyaman berkendara sebaiknya gunakan atribut tambahan seperti sarung tangan dan rompi. Atribut tambahan tersebut digunakan terutaman bila cuaca dingin dan untuk mengurangai terpaan angin yang mengenai badan.

Tas yang digunakan sebaiknya berjenis tas gendong atau backpack karena jenis tersebut merupakan jenis yang paling nyaman digunakan untu pengendara motor. Penggunaan tas paha dan tas pinggang pun disarankan untuk menyimpan peralatan berharga daripada harus meletakkan disaku celana. Helm yang digunakan haruslah menutupi kepala hingga bagian belakang. Tipe yang digunakan adalah half face atau full face. Bila akan berkendara kedaerah pegunungan, sebaiknya membawa anti fog untuk digunakan pada kaca helm. Hal tersebut perlu dilakukan karena kaca helm pada umumnya akan berembun bila digunakan pada cuaca dingin.

  
 Patuhi Peraturan Berlalu Lintas dan Pilih Jalur Berkendara yang Tepat

Untuk memenuhi keamanan dan keselamatan berkendara harap perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas kepolisiaan. Harap pilih jalur yang aman dan tidak terdapat kriminalitas. Hindari jalur yang terlalu sepi dan jarang digunakan karena rawan kriminalitas.
Selain tips tersebut diatas harap diperhatikan kondisi stamina kita agar dalam kondisi fit untuk melakukan perjalanan. Beristirahatlah bila merasa lelah, namun tetap perhatikan tempat yang aman digunakan untuk beristitahat seperti SPBU. Bila harus berboncengan, setiap sepeda motor hanya dapat digunakan untuk 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Melebihi kapasitas tersebut, maka sepeda motor tidak akan aman digunakan.

Menggunakan sepeda motor untuk jarak jauh merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan. Selama keamanan menjadi faktor yang terpenting agar dapat mencapai tujuan dengan selamat. Selain keamanan, faktor kenyamanan juga perlu dijadikan sebagai pertimbangan. Keep Safety Riding, Stay Safe.