Pengertian
organisasi yang terlintas di pikiran setiap orang dapat berbeda-beda. Setiap
orang dapat mengartikan organisasi tersebut sendiri-sendiri, namun alangkah
baiknya bila arti organisasi itu sendiri dipelajari lebih dalam agar tidak
salah dalam mengartikannya.
Arti
Pentingnya Organisasi dan Metode
Pengertian Organisasi adalah Bentuk setiap perserikatan atau wadah perkumpulan manusia (positif) untuk mencapai tujuan, suatu hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai bersama.
Istilah organisasi berasal
dari kata organon/bahasa yunani.
Yang berarti alat, tools. Desain organisasi (organizational design) merupakan
proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola
sumber-sumber untuk mencapai tujuan yang sudah menjadi kesepakatan pertama.
Organisasi
adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam
suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian organisasi menurut para ahli.
1. Stoner
Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2.
James D.
Mooney
Bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
3. Chester I. Bernard
Merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih.
4.
Rosenzweig
Organisasi
dapat dipandang sebagai :
1.
Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam
kelompok
2.
Integrasi atau kesatuan dari
aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
3.
Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman
pada tujuan bersama
5.
Matthias Aroef
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang
bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya
6.
Pfiffner dan
Sherwood
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam
mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan
terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang
lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan
semula secara sistematis.
7. Bakke
Organisasi merupakan sebuah
sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia
yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu
yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke
dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan
8.
Allen
Organisasi adalah suatu proses
identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan
mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan -
hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara
efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Pengertian
Metode adalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu
yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
Ciri-ciri,
Unsur dan Teori Organisasi.
Ciri – ciri organisasi
1. Terdiri dari pada dua orang atau lebih.
2.
Ada kerja sama.
3.
Ada komunikasi antara suatu anggota
dengan yang lain.
4.
Ada tujuan yang ingin dicapai.
Unsur Organisasi
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau
tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang untuk
melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana
cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam
arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian
tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan
kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian
umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai
tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi
mahasiswa dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat
kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam
praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka
organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama
di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan
dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu
hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak
bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan
kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan
dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya
akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan
bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu
dengan yang lain.
4. Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi
bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya
baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik. Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik
akan mendapat keuntungan antara lain sebagai berikut :
1. Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan dapat
dilaksanakan secara efisien dan efektif
Secara ringkas unsur-unsur
organisasi yang paling dasar adalah :
1. Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
2. Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
3. Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
4. Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Teori Organisasi
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori
klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun
1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai
sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan
petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.a. Teori
BirokrasiTeori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant
Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional.
Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan
prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut
rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai
tujuan tersebut.b. Teori AdministrasiTeori ini sebagian besar dikembangkan atas
dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan
Reily dari Amerika.Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925
mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan
teori administrasi adalah :
1.
Pembagian kerja (division of work)
2.
Wewenang dan tanggung jawab
(authorityand responsibility)
3.
Disiplin (discipline)
4.
Kesatuan perintah (unity of command
5.
Kesatuan pengarahan (unity of direction)
6.
Mendahulukan kepentingan umum daraipada
pribadi
7.
Balas jasa (remuneration of personnel)
8.
Sentralisasi (centralization)
9.
Rantai scalar (scalar chain)
10.
Aturan (oreder)
11.
Keadilan (equity)
12.
Kelanggengan personalia (stability of
tenure of personnel)
13.
Inisiatif (initiative)
14.
Semangat korps (spirit de corps)
Macam-macam Organisasi dari Segi Tujuan
Organisasi Niaga
Adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah
untuk mencari keuntungan. Contoh organisasi niaga adalah:
1. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas adalah
organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal
dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa
melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
2. Perseroan Komanditer (CV)
CV adalah suatu bentuk badan
usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk
mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara
anggotanya.
3. Firma (FA)
Firma adalah suatu bentuk
persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama
yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
Organisasi Sosial
Adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah
meningkatkan rasa sosial dalam diri anggota organisasi tersebut, diutamakan
untuk kepentingan bersama yang biasanya dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur pembentukan
organisasi Kemasyarakatan :
1. Jalur Keagamaan
2. Jalur Profesi
3. Jalur Kepemudaan
4. Jalur Kemahasiswaan
5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan
Organisasi Regional
& International
Organisasi Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang
luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
Contoh organisasi
regional:
ASEAN
Organisasi
Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi
yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.
Macam-macam
organisasi internasional:
1. UN = United Nation = PBB (1945)
2. UNICEF = United Nations International Childrens
Emergency Fund (1946), namun namanya diganti setelah thn 1953 menjadi:
United Nations Children’s Fund.
3. UNESCO = the United Nations Educational, Scientific
and Cultural Organization (16 November 1945).
Kesimpulan
Dari arti pengertian organisasi dan metode diatas, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan suatu alat atau wadah untuk mencapai sebuah tujuan dan untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi maka dibutuhkan suatu metode.
Source :
- http://carapedia.com/pengertian_definisi_organisasi_menurut_para_ahli_info484.html
- http://anissaisyaa.blogspot.com/search?q=pengertian+organisasi
- http://mizan92.wordpress.com/2011/10/31/mendalami-lebih-jauh-jenis-jenis-organisasi-berdasarkan-tujuan-beserta-manfaatnya/
- http://dahlanforum.wordpress.com/2009/07/21/unsur-unsur-organisasi/
- http://bahari77borneo.blogspot.com/search/?q=organisasi