Kamis, 01 November 2012

Organisasi Bagian 1

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita akan selalu menjumpai organisasi baik didengar ataupun dilihat oleh mata kita sendiri. Organisasi yang terdapat di sekitar kita, banyak macamnya dan tujuannya pun berbeda-beda. Setiap organisasi, memiliki anggotanya masing-masing. Namun tidak jarang, salah satu anggota organisasi akan menjadi anggota di organisasi lainnya. Organisasi yang sering kita jumpai disekitar kita contohnya seperti organisasi kepemudaan dan lainnya.  

Pengertian organisasi yang terlintas di pikiran setiap orang dapat berbeda-beda. Setiap orang dapat mengartikan organisasi tersebut sendiri-sendiri, namun alangkah baiknya bila arti organisasi itu sendiri dipelajari lebih dalam agar tidak salah dalam mengartikannya.


 Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Pengertian Organisasi adalah Bentuk setiap perserikatan atau wadah perkumpulan manusia (positif) untuk mencapai  tujuan, suatu hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai bersama.

Istilah organisasi berasal dari kata organon/bahasa yunani. Yang berarti alat, tools. Desain organisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan yang sudah menjadi kesepakatan pertama.

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


 Pengertian organisasi menurut para ahli.
1.  Stoner
Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2.   James D. Mooney
Bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3.    Chester I. Bernard
Merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

4.   Rosenzweig
 Organisasi dapat dipandang sebagai :
1.   Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
2.   Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
3.   Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama

5.   Matthias Aroef
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya

6.   Pfiffner dan Sherwood
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.

7. Bakke
Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan

8.   Allen
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

Pengertian Metode adalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.


 Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi.

Ciri – ciri organisasi

1.  Terdiri dari pada dua orang atau lebih.
2.   Ada kerja sama.
3.   Ada komunikasi antara suatu anggota dengan yang lain.
4.   Ada tujuan yang ingin dicapai.

Unsur Organisasi

1.   Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
 Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang untuk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.

2.   Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
 Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.

3.   Jelas tugas kedudukannya masing-masing
 Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.

4.   Ada tujuan tertentu
 Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik. Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik akan mendapat keuntungan antara lain sebagai berikut :
1.  Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
1.   Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
2.   Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
3.   Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
4.   Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.

Teori Organisasi

Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional) 
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.a. Teori BirokrasiTeori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.b. Teori AdministrasiTeori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah :
1.   Pembagian kerja (division of work)
2.   Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
3.   Disiplin (discipline)
4.   Kesatuan perintah (unity of command
5.   Kesatuan pengarahan (unity of direction)
6.   Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
7.   Balas jasa (remuneration of personnel)
8.   Sentralisasi (centralization)
9.   Rantai scalar (scalar chain)
10.              Aturan (oreder)
11.              Keadilan (equity)
12.              Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
13.              Inisiatif (initiative)
14.              Semangat korps (spirit de corps)


 Macam-macam Organisasi dari Segi Tujuan

Organisasi Niaga
Adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah untuk mencari keuntungan. Contoh organisasi niaga adalah:
1.   Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.

2.   Perseroan Komanditer (CV)‏
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

3.   Firma (FA)‏
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.

Organisasi Sosial
Adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah meningkatkan rasa sosial dalam diri anggota organisasi tersebut, diutamakan untuk kepentingan bersama yang biasanya dibentuk oleh anggota masyarakat.

Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
1.   Jalur Keagamaan
2.   Jalur Profesi
3.   Jalur Kepemudaan
4.   Jalur Kemahasiswaan
5.   Jalur Kepartaian & Kekaryaan

Organisasi Regional & International
Organisasi Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
Contoh organisasi regional:
ASEAN

Organisasi Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.
Macam-macam organisasi internasional:
1.   UN = United Nation = PBB (1945)
2.   UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund (1946), namun namanya diganti setelah   thn 1953 menjadi: United Nations Children’s Fund.
3.   UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (16 November 1945).


 Kesimpulan

Dari arti pengertian organisasi dan metode diatas, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan suatu alat atau wadah untuk mencapai sebuah tujuan dan untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi maka dibutuhkan suatu metode.


Source :