Minggu, 02 Juni 2013

Imbalan dan Hukuman dalam Organisasi

 Pendahuluan

Didalam suatu organisasi, setiap anggota maupun pemimpin dalam organisasi tersebut pasti memiliki suatu aturan yang tujuan utamanya antara lain agar tidak terjadi suatu konflik yang mengancam organisasi tersebut. Aturan tersebut ada untuk ditaati oleh anggota organisasi tersebut. Namun tidak jarang didalam suatu organisasi pasti ada beberapa anggotanya yang melanggar aturan yang telah dibuat. Selain aturan yang telah dijelaskan diatas, setiap anggota dalam organisasi pasti memiliki tugas dengan tujuan yang berbeda-beda. Tugas yang diberikan memang seharusnya dapat dikerjakan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Namun tidak jarang pula dalam suatu tugas yang diberikan, anggota organisasi cenderung mengalami kegagalan dengan berbagai faktor.

Berhubungan dengan contoh masalah yang telah dikemukakan diatas maka kita akan menemui istilah Imbalan dan Hukuman. Imbalan dalam organisasi berhubungan dengan taat terhadap aturan atau keberhasilan menjalankan tugas yang diberikan kepada anggota organisasi sehubungan dengan contoh diatas. Sedangkan contoh hukuman didalam organisasi yang sesuai dengan kedua topik diatas adalah pelanggaran terhadap aturan yang telah dibuat atau kegagalan dalam menjalankan tugas yang diberikan. Meskipun Imbalan dan Hukuman tidak selalu diberikan kepada anggota organisasi, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan imbalan atau hukuman yang ada didalam organisasi. Dalam artikel ini, akan dibahas Imbalan dan Hukuman dalam organisasi.


 Definisi

Menurut Triton (123:2010) Imbalan adalah satu upaya yang dilakukan oleh manajemen untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja para karyawan.

Sedangkan definisi Hukuman menurut Robert Konopaske dkk dalam bukunya yang berjudul Perilaku dan Manajemen Organisasi edisi 7 mendefinisikan Hukuman (Punishment) sebagai tindakan menyajikan konsekuensi yang tidak menyenangkan atau tidak diijinkan sebagai hasil dari dilakukannya perilaku tertentu.


 Tujuan Imbalan dan Hukuman

Menurut Triton (128-131:2010) Tujuan Imbalan  adalah sebagai berikut :

1.    Ikatan kerjasama,
2.    Tujuan kepuasan kerja,
3.    Tujuan pengadaan efektif,
4.    Tujuan motivasi,
5.    Tujuan stabilitas karyawan,
6.    Tujuan disiplin,
7.    Tujuan meminimalisasi protes serikat buruh.
8.    Tujuan meminimalisasi intervensi pemerintah.

Sedangkan tujuan Hukuman dalam Organisasi sebenarnya hampir sama dengan Tujuan Imbalan, namun Hukuman dalam organisasi memiliki fungsi yang diharapkan, yaitu :

  1. Membatasi perilaku. Hukuman menghalangi terjadinya pengulangan tingkah laku yang tidak diharapkan.
  2. Bersifat mendidik.
  3. Memperkuat motivasi untuk menghindarkan diri dari tingkah laku yang tidak diharapkan
Selain itu, tujuan lain dari hukuman adalah agar orang yang melakukan kesalahan atau pelanggaran merasa takut dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang telah dilakukan.


 Pengaruh Terhadap Kinerja Organisasi

Sesuai dengan tujuan dari Imbalan dan Hukuman yang telah diutarakan diatas, maka tujuan utama dari Imbalan dan Hukuman dari organisasi adalah motivasi dan didikan kepada para anggota organisasi. Dengan motivasi dan didikan itulah kinerja dari para anggota organisasi tersebut dapat menjadi lebih maksimal. Imbalan dan Hukuman tersebut dapat pula dianggap sebagai tarikan dan dorongan terhadap kinerja Organisasi. Dengan Imbalan kita anggap sebagai faktor yang menarik para anggota untuk bekerja lebih giat karena dengan adanya imbalan tersebut, maka para anggota organisasi akan terus berusaha mendapatkan Imbalan yang diharapkan. Sedangkan Hukuman yang dianggap sebagai faktor pendorong akan mengurangi peluang kegagalan para anggota organisasi, karena dengan adanya hukuman maka para anggota akan terus berupaya untuk menyelesaikan suatu tugas dengan sebaik-baiknya untuk menghindari Hukuman yang tidak diharapkan oleh mereka. Selain itu hukuman juga dapat mendidik para anggota organisasi untuk belajar lebih bertanggung jawab yang dapat memaksimalkan kinerja organisasi.


 Daftar Pustaka

Source and Reference :